Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cerdik Menghemat Kuota Internet Axis - 1GB untuk 1 Bulan

Cara Cerdik Menghemat Kuota Internet Axis - Di jaman yang modern ini, bagi orang yang punya gadget, kuota adalah kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Apalagi bagi mereka yang menjalankan bisnis di media online, seperti bisnis jualan online, blogging, bahkan ada juga yang menjadi youtuber dengan modal kuota.

Cara Cerdik Menghemat Kuota Internet Axis

Axis adalah salah satu nama provider di Indonesia yang cukup terkenal. Axis menyediakan paket kuota yang murah namun dengan jumlah banyak. Misalnya 5GB hanya 37.000 saja, atau 2GB cuma 17.000. Murah kan?

Dibandingkan dengan provider lain, Axis bisa dibilang yang terbaik kalau bicara soal murah, karena, kuota yang mereka berikan nggak murahan, dan cenderung punya speed/kecepatan yang cukup tinggi. Ini adalah salah satu kelebihan yang bagus.

Tapi yang namanya penggila gadget, kuota internet akan cepat habis. Entah itu untuk streaming video, aktivitas download, atau main sosial media dan lain-lain. Nah untuk itulah kita mencari cara bagaimana untuk menghemat kuota axis ini, supaya bisa bertahan lebih lama.

Cara Cerdik Menghemat Kuota Internet Axis

Oke teman-teman, sampai sekarang pun, saya juga masih sering mengalami yang namanya pembororsan kuota, sampai-sampai kuota axis saya yang 5GB hanya bertahan selama 1 minggu. Gila kan? Memang sih, untuk hotspot ke laptop, hehehe.....

Tapi, saya segera mencari cara untuk menghemat kuota axis milik saya. 

Dan setelah dipikir-pikir, saya menemukan beberapa cara untuk menghemat kuota axis milik saya. Langsung saya praktekkan selama beberapa minggu terakhir. Dan ternyata berhasil! Kuota internet saya yang cuma 3GB tahan selama satu bulan penuh, dan pemakaian juga sama.

Mau tau triknya?

Simak artikel ini dengan baik....

Cara Cerdik Menghemat Kuota Internet Axis

Berikut ini adalah langkah yang saya lakukan untuk menghemat kuota internet axis milik saya.

1. Matikan Update Otomatis

Di dalam hp android milik kita, ada yang namanya "Pembaharuan Otomatis" apa itu? Pembaharuan otomatis adalah fitur yang sengaja diberikan agar ketika hp kita mendapat update, maka akan terdownload secara otomatis.

Tentu ini merugikan kita, dan biasanya, file updatenya bisa sampai bergiga-giga. Makanya sebelum kuota habis gara-gara hal ini, ada baiknya kita atasi terlebih dahulu.

Caranya adalah:

Pergi ke pengaturan,
lalu pilih pengembang
kemudian pilih menu update
dan matikan update otomatis.

2. Kurangi streaming video online

Bagi kamu yang sering nonton youtube, jika ingin kuota axis milikmu tetap irit, maka dari sekarang kurangilah streaming video online. Karena, streaming video akan mengambil data kuota sangat rakus dan boros.

Biarpun kuota axis milikmu irit, tetap saja akan cepat habis oleh kegiatan streaming video online. Nah, mulai sekarang, kurangilah menonton video streaming online, lebih baik, kamu download videonya, dan nontonnya belakangan. Ini lebih irit.

3. Jangan mendownload file yang berukuran besar

Nah untuk hal yang satu ini sudah jelas menyedot kuota axis milikmu. Terkadang, kamu rela mendownload file-file berukuran giga menggunakan kuota internet, padahal, itu akan menguras habis kuota internet milikmu.

Apalagi bagi yang senang nonton film. Demi sebuah film yang berukuran 2 GB, rela mendownloadnya, padahal kuota di hpnya cuma 1,5GB, tapi dipaksa aja, alhasil, download pun gagal dan kuota internet melayang hilang.

Saran saya adalah, jika ingin mendownload file-file berukurang besar, jangan gunakan kuota, tapi gunakanlah wifi, karena wifi kan sifatnya unlimited, artinya tanpa batas. Jadi lebih baik menggunakan wifi saja untuk mendownload file berukutan gajah.

4. Kurangi pemakaian hotspot

Bagi yang hatinya murah dan baik, biasanya kalau teman minta hotspot dikasih aja. Nah mulai sekarang jangan asal ngasih hotspot ke hp lain. Karena, hotspot bisa jauh berkali lipat menguras kuota internet milikmu.

Bayangkan jika dia nonton video di youtube, kamu juga, kan gila?

Jadi, kurangi penggunaan hotspot dari sekarang, agar kuota internet axis milikmu irit dan tahan lama.

5. Jangan terlalu sering main game online

Nah yang orangnya seneng main game, terutama game online, dari sekarang kurangi. Karena main game online bikin kuota cepat terkuras. Tapi sebenarnya nggak masalah main game online sekalipun, asalkan jangan berlama-lama.

Misalnya, main game online dari jam 8 padi,sampai jam 6 sore nonstop!! Gila, mau habis berapa kuota tuh?

6. Gunakan browser yang hemat

Nah perang browser juga sangat membantu dalam menghemat kuota.

Gunakanlah browser yang sudah teruji bisa menompress data yang digunakan untuk berinternetan ria. Jadi, kita tidak perlu khawatir akan kuota boros, dan biasanya, browser yang hemat kuota akan lebih cepat dalam hal loading.

Seperti apa browser yang hemat kuota?

a. UC
b. Google Chrome
c. Mozilla Firefox
d. Opera Mini

Kesimpulan

Nah itulah beberapa hal yang saya lakukan untuk Menghemat Kuota Internet Axis milik saya, semoga bermanfaat untuk kalian semua. Dan jika kalian punya cara lain, tambakan melalui komentar ya! Nanti akan saya update artikelnya.
Mas Jamel
Mas Jamel Hanya seorang blogger pemula yang ingin berbagi pengalaman blogging...��